Nama : Syamsul Ma’arif
NIM : A01001410
Kelas : 2C
Prodi : D III Keperawatan
MENEJEMEN WAKTU PRIBADI DALAM
MENGHADAPI KEHIDUPAN
PENDAHULUAN
Manajemen waktu adalah aset
terpenting yang harus dimiliki seseorang saat ini, dengan tumbangnya
nilai-nilai tradisional siapapun menemukan dirinya berada di kehidupan
yang berbeda secara pararel. Saya yakin Anda tidak merasa aneh dengan
situasi seperti ini, terlalu banyak yang harus Anda kerjakan, Anda tidak punya
waktu, dan Anda melihat waktu santai yang memudar saat Anda menghitung
bagaimana Anda akan mengelola semua hal yang harus Anda kerjakan.
Tuhan
memberikan waktu tertentu pada setiap manusia untuk hidup di dunia. Dalam
potensi kehidupan, manusia harus mempunyai tujuan yang jelas yang harus
dicapainya dalam kurun waktu yang terbatas. Tujuan hidup manusia beragam ada
yang berkaitan dengan ibadah, keluarga, pekerjaan, sekolah, social sehingga
manusia harus pandai mengelola waktunya. Agar tujuan – tujuan tersebut dapat
terwujud secara seimbang.
Maka yang
disebut manajemen waktu adalah aktivitas memanfaatkan waktu yang tersedia untuk
mencapai tujuan, karena waktu tidak dapat diganti, disimpan dan kembali lagi.
JENIS – JENIS WAKTU
a.
Waktu yang sulit diatur
Hanya untuk memenuhi kebutuhan primer : makan,
istirahat, menjaga hubungan social dan kekeluargaan. Waktu ini tidak dapat
digunakan untuk kepentingan – kepentingan lain, dan tingkat urgensinya tinggi
untuk menjaga keseimbangan hidup manusia. Penggunaan waktu ini harus bijaksana,
tidak dapat dilebih – lebihkan ataupun disia – siakan.
b.
Waktu yang dapat diatur
Waktu yang ditemukan dalam aktivitas kerja manusia dan
sebagian dalam kehidupan pribadi manusia. Waktu jenis ini dibagi dua :
-
Waktu – waktu prima ( waktu puncak ), dimana semangat
dan etos kerja tinggi
-
Waktu – waktu lembah, dimana semangat dan kerja
rendah, misalnya saat – saat akhir kerja. Tantangannya adalah bagaimana manusia
dapat memanfaatkan waktu – waktu secara efektif.
MEMANFAATKAN
WAKTU PUNCAK SECARA EFEKTIF
-
Mengerjakan tugas – tugas yang penting dan berat pada
waktu puncak, karena pada saat ini semangat sedang tinggi dan kemampuan otak
sedang baik.
-
Jangan mengerjakan tugas – tugas ringan pada waktu
pncak, karena tugas – tugas berat akan lebih sulit dikerjakan pada waktu
lembah. Akibatnya pekerjaan tidak dapat diselesaikan dengan baik bahkan dapat
tertunda hingga hari berikutnya.
LANGKAH –
LANGKAH MENGELOLA WAKTU
Kebiasan mengatur atau mengelola waktu merupakan upaya
untuk memanfaatkan waktu sekarang ini sebaik – baiknya. Anda mempunyai tujuan
yang jelas, rencana dan prioritas utama, tetapi anda tidak mengelola saat –
saat sekarang ini dengan baik. Anda tenggelam dalam hal – hal yang menyebabkan
waktu anda terbuang, sehingga menyebabkan tujuan – tujuan anda hilang dan
prioritas tercampur aduk dan anda harus memulainya dari awal. Oleh karena itu
kebiasan mengatur waktu merupakan kebiasaan pribadi sukses terpenting.
BEBERAPA HAL
YANG PENTING DALAM MENGELOLA WAKTU
1.
Mempelajari tujuan, rencana dan prioritas anda
2.
Membuat rencana kerja periodik, dapat berupa rencana
harian
3.
Menentukan tingkat urgensinya
4.
Menentukan hal – hal yang dapat anda delegasikan pada
orang lain
5.
Melakukan prioritas dan yang paling dekat batas
waktunya
6.
Memberi tanda pada hal – hal yang telah selesai
7.
Memindahkan hal – hal yang belum tuntas pada rencana
hari berikutnya
HAMBATAN –
HAMBATAN DALAM MANAJEMEN WAKTU
1.
Mendahulukan pekerjaan yang dicintai, baru kemudian
mengerjakan pekerjaan yang kurang diminati
2.
Mendahulukan pekerjaan yang mudah sebelum
menyelesaikan pekerjaan yang sulit
3.
Mendahulukan pekerjaan yang cepat penyelesaiannya,
sebelum menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama
4.
Mendahulukan pekerjaan darurat / mendesak, sebelum
menyelesaikan pekerjaan – pekerjaan yang penting
5.
Melakukan aktivitas yang dapat mendekatkan mereka pada
tujuan atau medatangkan kemaslahatan bagi diri mereka
6.
Menunggu batas waktu (mepet) untuk menyelesaikan
pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya
7.
Skala prioritas disusun tidak berdasarkan
kepentingannya, tetapi berdasarkan urutannya
8.
Terperangkap pada tuntutan yang mendesak dan memaksa
MENGHINDARI
TERBUANGNYA WAKTU
Dalam kehidupan kita, ada saja hal – hal yang mendesak
yang muncul yang membuat rencana kerja kita menjadi berangtakan, misalnya
mendadak kita sakit atau mendadak dosen sakit sehingga waktu kuliah hari itu
kosong. Apa yang anda lakukan agar waktu anda tidak terbuang percuma.
Untuk mengantisipasi hal – hal tersebut, perlu langkah
– langkah sebagai berikut :
1. Evaluasi kembali tujuan, rencana dan prioritas anada
Tujuan jangka panjang yang diwujudkan secara bertahap
melalui tujuan – tujuan jangka pendek harus dievaluasi, termasuk skala
prioritas yang sudah ditetapkan
2. Letakkan tujuan dalam rencana periodik atau program kerja
Tetntukan tanggal – tanggal pelaksanaan masing –
masing pekerjaan dan tugas mencakup waktu mulai dan batas akhir, sehingga
mempermudah pencapaian tujuan anda
3. Buat daftar pekerjaan harian
Membuat daftar table kerja harian seperti pada langkah
– langkah mengelola waktu
4. Tutup semua hal yang dapat memalingkan anda dari tujuan – tujuan
tersebut
Anda harus dapat mengatur waktu untuk menyelesaikan
pekerjaan pada waktu – waktu puncak, jangan ditunda – tunda. Dengan menunda –
nunda anda akan mengacaukan pencapaian tujuan anda dan mengantar pada
kegagalan.
5. Memanfaatkan waktu luang
Sebaiknya anda selali siap mengantisipasi terjadinya
kehilangan waktu seperti mengerjakan hal – hal bermanfaat
6. Jangan selalu pasrah pada hal – hal yang bersifat mendesak
Untuk mengantisipasinya, anda sebaiknya menganalisis
apakah tugas mendesak itu penting sekali atau tidak penting
KIAT MANAJEMEN
WAKTU
Bagi siapapun, melakukan manajemen waktu secara bijak
amat penting. Bila anada melewatkan janji penting dan tenggat waktu, tak ayal
ini bakal menggagu alur karir dan kehidupan social anada. Buntutnya timbul rasa
bersalah, frustasi, dan perasaan buruk lain. Berikut tips manajemen yang tepat
dari George Mason Unversity
1. Lakukan survai waktu pribadi
Untuk mulai
mengatur waktu, anda harus tahu pasti bagaimana anda menggunakan waktu. Survai waktu
akan membantu anda memperkirakan berapa banyak waktu yang telah anda habiskan
dalam aktivitas tertentu. Untuk memperoleh perkiraan akurat, anda dapat melihat
waktu yang telah dihabiskan selama satu minggu
2.
Perhatikan jadwal harian
Ada beragam
jadwal waktu yang sesuai dengan kepribadian anda. Begitu anda memutuskan satu
gaya tertentu, langkah berikutnya adalah membentuknya. Yang paling baik sisakan
sedikit waktu untuk istirahat pada tiap jam, sedangkan setengah jam lainnya
disiapkan untuk jadwal yang benar – benar padat
3.
Jangan menjadi perfeksionis
Berusahalah agar
menjadi orang sempurna yang siap menghadapi kekalahan. Tidak ada orang yang
sempurna. Anda butuh tujuan yang dapat dicapai dengan kemampuan yang ada. Tugas
– tugas sulit biasanya berakhir dengan penolakan dan penundaan
4.
Belajarlah berkata baik
Misalnya, teman
dekat anda mengajak jalan –jalan. Sebenarnya, anda tidak tertarik. Tapi, anda
tidak sampai hati mengecewakan orang. Berkata tidak dengan sopan selayaknya
menjadi kebiasaan
5.
Belajar menentukan prioritas
Sangat penting
melakukan prioritas pada tanggung jawab dan kesepakatan yang telah dicapai.
Orang – orang yang tidak tahu bagaimana melakukan prioritas bakal menjadi orang
yang gemar menunda – nunda pekerjaan
6.
Gabungkan sejumlah aktivitas
Bila memungkinkan
gabungkan sejumlah aktivitas dalam satu waktu. Ketika dalam perjalanan, baca
catatan – catatan penting. Banyak cara untuk memadukan aktivitas, tapi yang
penting adalah berusaha agar selalu kreatif
7.
Adaptasi diri
Setelah
penjadwalan sukses dilakukan, maka tingagal anda berusaha keras untuk
menyesuaikan diri. Namun yang paling penting adalah bagaimana agar upaya ini
dapat berhasil untuk anda. Jadwal waktu yang tidak jujur dan jadwal kegiatan
pribadi bukan jadwal waktu yang tepat
Manajemen Waktu Untuk Kegiatan Mahasiswa
Universitas adalah masa emas bagi semua Mahasiswa. Ini
adalah jangka waktu dimana bisa bersenang-senang dan mengambil langkah pertama
menuju karir yang luar biasa. Banyak mahasiswa tidak bisa menjaga keseimbangan
untuk menikmati kegiatan perkuliahan dan penelitian. Ada yang hanya asik dalam
olahraga dan kegiatan lainnya, yang lain hanya dalam kegiatan studi. Hal ini
sangat penting untuk menikmati semua aspek kehidupan perguruan tinggi. Jadi
mari kita lihat beberapa kegiatan manajemen waktu bagi siswa. Mempelajari
beberapa strategi manajemen waktu.
-
Selalu menyimpan grafik waktu karena sangat berguna. Bagilah waktu cukup
antara studi dan olahraga atau kegiatan lainnya. Masukkan ke tabel waktu yang
fleksibel
-
Prioritaskan tujuan secara efektif sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugas
penting. Nilai yang baik dalam ujian, tetapi juga tidak gagal untuk
berpartisipasi dalam acara-acara kampus seperti olahraga dan kegiatan lainnya
-
Jangan membuat penundaan. Selalu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan
tepat waktu
-
selalu mengambil beberapa jam produktif untuk studi
-
Selalu merevisi catatan kuliah setiap hari selama sekitar 15 menit
-
Bagilah waktu yang cukup antara makan, pekerjaan, tidur, dan kegiatan
lainnya. Ini mungkin akan terlihat membosankan di awal, tetapi karena merasa
nyaman dengan itu maka akan mendapatkan penguasaan
-
Selalu membuat daftar pada malam sebelumnya dari semua hal yang akan
dilakukan pada hari berikutnya
-
Mencatat semua hal yang dilakukan setiap hari. Kemudian lihat sendiri
bagaimana akan dapat membuat penggunaan yang lebih produktif dari waktu.
KESIMPULAN
Maka, bisa
disimpulkan secara sederhana bahwa manajemen waktu itu hanya 3 langkah saja:
- Tentukan target yang jelas dan terukur
- Susun rencana dengan cermat dan terukur step-step-nya
- Gunakan waktu seefisien bahkan kalau perlu manfaatkan waktu2 luang untuk menyelesaikan
Orang sukses
bukanlah orang yang punya banyak harta. Tapi orang sukses adalah orang yang
mampu memanfaatkan waktu luangnya dengan optimal.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=3&id=118490&kat_id=105&kat_id1=149&kat_id=202
Tidak ada komentar:
Posting Komentar