Kamis, 31 Mei 2012

tugas UAS management Ragil


CARA SAYA MENGUBAH SIKAP KIAT UNTUK SUKSES
MASA DEPAN


Oleh :
Sadaji Ragil Saputro


SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN MUHAMMADIYAH
GOMBONG
2012






MENGUBAH SIKAP KIAT SUKSES MASA DEPAN
A.    Teori Motivator
Setiap perubahan dalam sikap manusia terjadi melalui pemahaman dan penerimaan internal. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang dapat membentuk ulang dan mencetak ulang dirinya sendiri dengan mengubah sikapnya. [John C. Maxwell]
Semua orang dapat mengubah kehidupannya dengan mengubah sikap mereka.” (Aleysius H. Gondosari)
“Sikap adalah hal kecil yang membuat perubahan besar.”( Andrew Carnegie)
Temuan terbesar generasi saya adalah bahwa seorang manusia dapat mengubah kehidupan mereka dengan cara mengubah sikap.”( Winston Churchill )

B.     Sikap Positif Sebagai Syarat Sukses Saya
Sikap tidak saja meliputi cara kita melihat dunia di sekitar kita, tetapi juga cara kita menerjemahkan situasi, kondisi, dan tindakan orang lain. Dengan kata lain, reaksi atau sudut pandang orang lain perlu diperhitungkan. Sikap positif tanpa interaksi tidak ada artinya.
Ada perbedaan yang sangat jelas antara sikap negatif dengan sikap positif. Sikap negatif dapat menimbulkan kecerobohan, ketidaktahuan, fatalisme, sinisme, kemalasan, kenekatan, dan terlalu percaya diri. Sebaliknya sikap positif akan menuntun pada perencanaan ke depan, menyemangati yang lain, menunjukkan apresiasi, kesaksamaan, kesungguhan, dan kesiagaan.
Kita dapat memulai sikap positif dengan menemukan kesenangan dalam hal-hal yang sederhana, serta mengambil yang terbaik dari situasi yang terburuk. Kita perlu menyadari bahwa tak seorang pun memiliki segalanya, dan setiap orang dalam hidupnya mempunyai kepedihan yang bercampur dengan kebahagiaan. Triknya adalah, bagaimana membuat tawa melebihi air mata.

C.    Cara Saya Mengubah Sikap
Jadi langkah awal untuk mengubah diri ialah dengan mengubah sikap diri kita. Bagaimana mengubah sikap kita, tentu dengan mengubah kepercayaan kita. Sikap dibentuk dari berbagai kepercayaan yang kita miliki. Kepercayaan yang kita miliki ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif. Kita harus menghilangkan atau mengubah kepercayaan negatif tersebut.
Ketika kita telah membingkai sikap mental dan diri kita dengan bingkai yang negative , maka hal itu akan menjadikan kita sulit untuk mencapai kesuksesan , contoh paling mudah, ketika kita telah membingkai dan meyakini diri kita “ tidak menarik “ misal suatu ketika ada seseorang yang benar benar tertarik , sayang dan cinta pada diri kita , maka kita tetap tidak percaya & tidak mempercayai- nya , serta tidak yakin jika seseorang tersebut tertarik pada kita, sehingga pada akhirnya kita cenderung berprasangka negative pada orang lain , jelas ini sangat merugikan kehidupan kita.

D.    Strategi Sukses
1.         Saya mempunyai mimpi dan cita cita yang ingin kucapai
2.         Saya mempunyai misi untuk mencapainya
3.         Saya berusaha keras dan cerdas dalam menghadapi rintangan
4.         Saya ingin merubah sikap negatif saya
5.         Saya berusaha disiplin, jujur dan tanggung jawab

E.     Tips Sukses Berwirausaha
1.         Berani berkreasi dan berinovasi
2.         Pelajari kekurangan pesaing dan jadikan peluang
3.         Jangan berhenti dan pantang putus asa
4.         Siap hadapi rintangan dan lakukan sekarang
5.         Buatlah jaringan sebanyak banyaknya
6.         Manfaatkan peluang pasar yang ada
7.         Manfaatkan koneksi dan perkenalan
8.         Manfaatkan media seluas – luasnya

Daftar pustaka
http://www.andaluarbiasa.com/sukses-dengan-sikap-positif
Buku  berjudul “Motivation For Success For An Entrepreneur”, Penerbit : Elex Media Komputindo, Johanes Arifin Wijaya Tahun, 2007
Buku berjudul ”BeYoung (baca : biang) Success detik ini!”, Penerbit : Andi, Heri Kuswara & Johanes arifin Wijaya Tahun 2010
Buku berjudul ”Ngapain kuliah Kalau Nggak Bisa Sukses ?”, Penerbit : Kaifa, Heri Kuswara Tahun 2010







Tidak ada komentar:

Posting Komentar