Kamis, 31 Mei 2012

MENEJEMEN WAKTU PRIBADI DALAM MENGHADAPI KEHIDUPAN


 Nama : zakiyyatun nufus
 Kelas : 2c

PENDAHULUAN
Kemampuan manajemen waktu (Time Management) merupakan kemampuan yang akan membantu  dalam mengontrol hidup  dan di saat yang sama akan meminimalkan stress (tekanan). Hal ini penting karena sering mempunyai tugas, tanggung jawab yang berbeda dalam satu jangka waktu. Dan ketika kita dituntut untuk menyelesaikan atau mengembannya maka seringkali ada tekanan ataupun masalah. Hal inilah yang biasanya menjadi sumber masalah bagi sebagian orang, manajemen waktu yang buruk
TUJUAN
Manajemen waktu memiliki manfaat, bagi orang yang memiliki tujuan yang akan dilaksanakan, baik kecil ataupun besar dalam hidupnya. Secara logika , kita tidak bisa melakukan dua atau lebih sesuatu, yang berada pada tempat yang berbeda dan masa berlaku sesuatu yang berbeda, di waktu yang sama. Artinya, kita butuh perencanaan agar tujuan-tujuan kita tadi bisa diselesaikan semuanya.
Fokus dari manajemen waktu sebenarnya mengubah perilaku kita sendiri, tidak mengubah waktu. Tempat yang baik untuk memulainya adalah dengan menghilangkan waktu pemboros kita. Untuk satu minggu, misalnya, menetapkan tujuan bahwa kita tidak akan mengambil telepon pribadi panggilan saat kita sedang bekerja.

ISI MATERI
Menejemen waktu telah berubah menjadi segalanya. Secara umum, manajemen waktu mengacu pada pengembangan proses dan alat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Waktu sama dengan produktivitas, dan produktivitas sama dengan uang.
Manajemen waktu adalah mengelola waktu secara efisien dan sistematis untuk meningkatkatkan produktivitas dengan efektif yaitu dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemantauan, analisis waktu yang dihabiskan, penjadwalan, memperioritaskan dan pengawasan produktivitas waktu  dengan tujuan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan atau meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Manajemen waktu bukan hanya kegiatan bisnis atau dunia kerja saja, tetapi manajemen waktu mencakup semua kegiatan-kegiatan pribadi juga. Seperti Mahasiswa, karyawan, bahkan ibu rumah tangga pun seharusnya membutuhkan manajemen waktu dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara mengaplikasikannya. Perlu kita ketahui bahwa waktu adalah uang, maka harus dikelola dengan baik.
Keterampilan manajemen waktu sangat penting bagi orang yang sering melakukan pekerjaan yang berbeda selama satu hari. Tidak peduli seberapa terorganisir kita, selalu ada hanya 24 jam dalam sehari. Waktu tidak berubah. Kita semua benar-benar dapat mengelola diri kita sendiri dan apa yang kita lakukan dengan waktu yang kita miliki. Tips manajemen waktu ini akan membantu meningkatkan produktivitas.

-
Cari tahu di mana kita membuang-buang waktu.
Banyak dari kita adalah sebagai pemboros waktu. Kita sering menghabiskan terlalu banyak waktu. Melakukan penyelidikan terhadap Aktivitas Harian sehingga kita dapat membentuk suatu gambaran yang akurat tentang apa yang sebenarnya kita lakukan, langkah pertama untuk manajemen waktu yang efektif.
-
Melaksanakan rencana manajemen waktu.
Tujuannya adalah untuk mengubah perilaku kita dari waktu ke waktu untuk mencapai apa pun tujuan umum yang telah ditetapkan, seperti meningkatkan produktivitas atau mengurangi stres.
-
Gunakan alat manajemen waktu.
Entah itu program perangkat lunak atau program lainnya. Langkah pertama untuk secara fisik mengelola waktu kita adalah mengetahui bagaimana sekarang dan merencanakan bagaimana kita akan menghabiskan waktu kedepan. Suatu program software seperti Outlook, misalnya, memungkinkan kita dengan mudah dan jadwal acara dapat diatur untuk mengingatkan kita tentang aktivitas di muka, membuat manajemen waktu kita lebih mudah.
-
Memperioritaskan
Harus memulai setiap hari dengan sesi manajemen waktu memprioritaskan tugas untuk hari itu dan menetapkan tolok ukur kinerja kita.
-
Membangun rutinitas
Kita akan jauh lebih produktif jika kita dapat mengikuti rutinitas sebagian besar waktu.
-
Biasakan pengaturan batas waktu untuk tugas-tugas tertentu.
Misalnya, membaca dan menjawab email dapat mengkonsumsi seluruh hari kita jika kita membiarkannya. Sebaliknya, menetapkan batas dari satu jam sehari untuk tugas ini dan mentaatinya.
-
Pastikan sistem teratur.
Membuang banyak waktu untuk mencari file di komputer, luangkanlah waktu untuk mengatur sistem manajemen file untuk menghilangkan pemborosan waktu. Apakah sistem pengarsipan memperlambat kita? Mengulang hal itu, jadi terorganisir ke titik yang dapat dengan cepat mengarahkan tangan kita pada apa yang kita butuhkan.
-
Jangan buang waktu pada saat menunggu.
Kita tidak akan mungkin bisa menghindar dari menunggu seseorang atau sesuatu.  Tetapi kita tidak hanya duduk menunggu saja. Manfaatkan waktu menunggu tersebut misalnya seperti Membaca laporan yang kita butuhkan, atau hanya sebuah buku kosong kertas yang dapat kita gunakan untuk merencanakan pemasaran berikutnya. Teknologi bisa dimanfaatkan karena dapat membuat kita lebih mudah untuk bekerja dimanapun kita berada.

Manajemen Waktu Untuk Kegiatan Mahasiswa
Universitas adalah masa emas bagi semua Mahasiswa. Ini adalah jangka waktu dimana bisa bersenang-senang dan mengambil langkah pertama menuju karir yang luar biasa. Banyak mahasiswa tidak bisa menjaga keseimbangan untuk menikmati kegiatan perkuliahan dan penelitian. Ada yang hanya asik dalam olahraga dan kegiatan lainnya, yang lain hanya dalam kegiatan studi. Hal ini sangat penting untuk menikmati semua aspek kehidupan perguruan tinggi. Jadi mari kita lihat beberapa kegiatan manajemen waktu bagi siswa. Mempelajari beberapa strategi manajemen waktu.
-
Selalu menyimpan grafik waktu karena sangat berguna. Bagilah waktu cukup antara studi dan olahraga atau kegiatan lainnya. Masukkan ke tabel waktu yang fleksibel.
-
Prioritaskan tujuan secara efektif sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugas penting. Nilai yang baik dalam ujian, tetapi juga tidak gagal untuk berpartisipasi dalam acara-acara kampus seperti olahraga dan kegiatan lainnya.
-
Jangan membuat penundaan. Selalu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan tepat waktu.
-
selalu mengambil beberapa jam produktif untuk studi.
-
Selalu merevisi catatan kuliah setiap hari selama sekitar 15 menit.
-
Bagilah waktu yang cukup antara makan, pekerjaan, tidur, dan kegiatan lainnya. Ini mungkin akan terlihat membosankan di awal, tetapi karena merasa nyaman dengan itu maka akan mendapatkan penguasaan.
-
Selalu membuat daftar pada malam sebelumnya dari semua hal yang akan dilakukan pada hari berikutnya.
-
Mencatat semua hal yang dilakukan setiap hari. Kemudian lihat sendiri bagaimana akan dapat membuat penggunaan yang lebih produktif dari waktu.



KESIMPULAN
Maka, bisa disimpulkan secara sederhana bahwa manajemen waktu itu hanya 3 langkah saja:
  1. Tentukan target yang jelas dan terukur
  2. Susun rencana dengan cermat dan terukur step-step-nya
  3. Gunakan waktu seefisien bahkan kalau perlu manfaatkan waktu2 luang untuk menyelesaikan
Ingat ya, orang sukses bukanlah orang yang punya banyak harta. Tapi orang sukses adalah orang yang mampu memanfaatkan waktu luangnya dengan optimal






DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar