Nama : zakiyyatun nufus
Kelas : 2c
Kelas : 2c
PENDAHULUAN
Kemampuan
manajemen waktu (Time Management) merupakan kemampuan yang akan membantu dalam mengontrol hidup dan di saat yang sama akan meminimalkan
stress (tekanan). Hal ini penting karena sering mempunyai tugas, tanggung jawab
yang berbeda dalam satu jangka waktu. Dan ketika kita dituntut untuk
menyelesaikan atau mengembannya maka seringkali ada tekanan ataupun masalah.
Hal inilah yang biasanya menjadi sumber masalah bagi sebagian orang, manajemen
waktu yang buruk
TUJUAN
Manajemen
waktu memiliki manfaat, bagi orang yang memiliki tujuan yang akan dilaksanakan,
baik kecil ataupun besar dalam hidupnya. Secara logika , kita tidak bisa
melakukan dua atau lebih sesuatu, yang berada pada tempat yang berbeda dan masa
berlaku sesuatu yang berbeda, di waktu yang sama. Artinya, kita butuh
perencanaan agar tujuan-tujuan kita tadi bisa diselesaikan semuanya.
Fokus dari manajemen waktu
sebenarnya mengubah perilaku kita sendiri, tidak mengubah waktu. Tempat yang
baik untuk memulainya adalah dengan menghilangkan waktu pemboros kita. Untuk
satu minggu, misalnya, menetapkan tujuan bahwa kita tidak akan mengambil
telepon pribadi panggilan saat kita sedang bekerja.
ISI MATERI
Menejemen waktu telah
berubah menjadi segalanya. Secara umum, manajemen waktu mengacu pada
pengembangan proses dan alat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
Waktu sama dengan produktivitas, dan produktivitas sama dengan uang.
Manajemen waktu adalah mengelola waktu secara efisien dan sistematis untuk meningkatkatkan produktivitas dengan efektif yaitu dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemantauan, analisis waktu yang dihabiskan, penjadwalan, memperioritaskan dan pengawasan produktivitas waktu dengan tujuan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan atau meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Manajemen waktu adalah mengelola waktu secara efisien dan sistematis untuk meningkatkatkan produktivitas dengan efektif yaitu dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemantauan, analisis waktu yang dihabiskan, penjadwalan, memperioritaskan dan pengawasan produktivitas waktu dengan tujuan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan atau meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Manajemen waktu bukan
hanya kegiatan bisnis atau dunia kerja saja, tetapi manajemen waktu mencakup
semua kegiatan-kegiatan pribadi juga. Seperti Mahasiswa, karyawan, bahkan ibu
rumah tangga pun seharusnya membutuhkan manajemen waktu dalam kegiatan
sehari-hari. Akan tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara mengaplikasikannya.
Perlu kita ketahui bahwa waktu adalah uang, maka harus dikelola dengan baik.
Keterampilan manajemen
waktu sangat penting bagi orang yang sering melakukan pekerjaan yang berbeda
selama satu hari. Tidak peduli seberapa terorganisir kita, selalu ada hanya 24
jam dalam sehari. Waktu tidak berubah. Kita semua benar-benar dapat mengelola diri
kita sendiri dan apa yang kita lakukan dengan waktu yang kita miliki. Tips
manajemen waktu ini akan membantu meningkatkan produktivitas.
-
|
Cari tahu di mana kita membuang-buang waktu.
|
Banyak dari kita adalah sebagai pemboros waktu. Kita
sering menghabiskan terlalu banyak waktu. Melakukan penyelidikan terhadap
Aktivitas Harian sehingga kita dapat membentuk suatu gambaran yang akurat
tentang apa yang sebenarnya kita lakukan, langkah pertama untuk manajemen
waktu yang efektif.
|
|
-
|
Melaksanakan rencana manajemen waktu.
|
Tujuannya adalah untuk mengubah perilaku kita dari
waktu ke waktu untuk mencapai apa pun tujuan umum yang telah ditetapkan,
seperti meningkatkan produktivitas atau mengurangi stres.
|
|
-
|
Gunakan alat manajemen waktu.
|
Entah itu program perangkat lunak atau program
lainnya. Langkah pertama untuk secara fisik mengelola waktu kita adalah
mengetahui bagaimana sekarang dan merencanakan bagaimana kita akan
menghabiskan waktu kedepan. Suatu program software seperti Outlook, misalnya,
memungkinkan kita dengan mudah dan jadwal acara dapat diatur untuk
mengingatkan kita tentang aktivitas di muka, membuat manajemen waktu kita
lebih mudah.
|
|
-
|
Memperioritaskan
|
Harus memulai setiap hari dengan sesi manajemen
waktu memprioritaskan tugas untuk hari itu dan menetapkan tolok ukur kinerja
kita.
|
|
-
|
Membangun rutinitas
|
Kita akan jauh lebih produktif jika kita dapat
mengikuti rutinitas sebagian besar waktu.
|
|
-
|
Biasakan pengaturan batas waktu untuk tugas-tugas
tertentu.
|
Misalnya, membaca dan menjawab email dapat
mengkonsumsi seluruh hari kita jika kita membiarkannya. Sebaliknya,
menetapkan batas dari satu jam sehari untuk tugas ini dan mentaatinya.
|
|
-
|
Pastikan sistem teratur.
|
Membuang banyak waktu untuk mencari file di
komputer, luangkanlah waktu untuk mengatur sistem manajemen file untuk
menghilangkan pemborosan waktu. Apakah sistem pengarsipan memperlambat kita?
Mengulang hal itu, jadi terorganisir ke titik yang dapat dengan cepat
mengarahkan tangan kita pada apa yang kita butuhkan.
|
|
-
|
Jangan buang waktu pada saat menunggu.
|
Kita tidak akan mungkin bisa menghindar dari
menunggu seseorang atau sesuatu. Tetapi kita tidak hanya duduk menunggu
saja. Manfaatkan waktu menunggu tersebut misalnya seperti Membaca laporan
yang kita butuhkan, atau hanya sebuah buku kosong kertas yang dapat kita
gunakan untuk merencanakan pemasaran berikutnya. Teknologi bisa dimanfaatkan
karena dapat membuat kita lebih mudah untuk bekerja dimanapun kita berada.
|
Manajemen Waktu Untuk Kegiatan
Mahasiswa
Universitas adalah masa emas bagi semua
Mahasiswa. Ini adalah jangka waktu dimana bisa bersenang-senang dan mengambil
langkah pertama menuju karir yang luar biasa. Banyak mahasiswa tidak bisa
menjaga keseimbangan untuk menikmati kegiatan perkuliahan dan penelitian. Ada
yang hanya asik dalam olahraga dan kegiatan lainnya, yang lain hanya dalam
kegiatan studi. Hal ini sangat penting untuk menikmati semua aspek kehidupan
perguruan tinggi. Jadi mari kita lihat beberapa kegiatan manajemen waktu bagi
siswa. Mempelajari beberapa strategi manajemen waktu.
-
|
Selalu menyimpan grafik waktu karena sangat berguna.
Bagilah waktu cukup antara studi dan olahraga atau kegiatan lainnya. Masukkan
ke tabel waktu yang fleksibel.
|
-
|
Prioritaskan tujuan secara efektif sehingga dapat menyelesaikan
tugas-tugas penting. Nilai yang baik dalam ujian, tetapi juga tidak gagal
untuk berpartisipasi dalam acara-acara kampus seperti olahraga dan kegiatan
lainnya.
|
-
|
Jangan membuat penundaan. Selalu menyelesaikan
tugas-tugas yang diberikan tepat waktu.
|
-
|
selalu mengambil beberapa jam produktif untuk studi.
|
-
|
Selalu merevisi catatan kuliah setiap hari selama
sekitar 15 menit.
|
-
|
Bagilah waktu yang cukup antara makan, pekerjaan,
tidur, dan kegiatan lainnya. Ini mungkin akan terlihat membosankan di awal,
tetapi karena merasa nyaman dengan itu maka akan mendapatkan penguasaan.
|
-
|
Selalu membuat daftar pada malam sebelumnya dari
semua hal yang akan dilakukan pada hari berikutnya.
|
-
|
Mencatat semua hal yang dilakukan setiap hari.
Kemudian lihat sendiri bagaimana akan dapat membuat penggunaan yang lebih
produktif dari waktu.
|
KESIMPULAN
Maka, bisa disimpulkan secara sederhana bahwa
manajemen waktu itu hanya 3 langkah saja:
- Tentukan
target yang jelas dan terukur
- Susun
rencana dengan cermat dan terukur step-step-nya
- Gunakan
waktu seefisien bahkan kalau perlu manfaatkan waktu2 luang untuk
menyelesaikan
Ingat ya, orang sukses bukanlah orang yang punya
banyak harta. Tapi orang sukses adalah orang yang mampu memanfaatkan waktu
luangnya dengan optimal
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar